Bebas Sampah ID

Pemkab Bandung Mulai Manfaatkan Sampah Jadi Energi

Media: http://www.galamedianews.com/bandung-raya/156289/pemkab-bandung-mulai-manfaatkan-sampah-jadi-energi.html | 25 Agustus 2017


Selasa, 1 Agustus 2017 | 17:37 WIB

Wartawan: Engkos Kosasih

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bandung mulai memanfaatkan sampah menjadi gas metana di lokasi tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Babakan di Kampung Babakan, Desa Babakan, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa (1/8/2017). Pemanfaatan gas metana itu menjadi energi (gas elpiji) yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk di sekitar lokasi TPAS Babakan tersebut. 

Sebelumnya, tumpukan sampah di TPAS Babakan pada lahan seluas 14 hektare itu akan diolah menjadi energi listrik, namun akhirnya tidak jadi dilaksanakan dengan berbagai kendala. 
Pemanfaatan gas metana dari tumpukan sampah yang sudah ditimbun tanah menjadi gas elpiji untuk kebutuhan rumah tangga itu diresmikan Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser didampingi Kepala Dinas Limgkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kabupaten Bandung, Asep Kusumah. 

Dadang M. Naser mengatakan, pemanfaatan gas metana dari tumpukan sampah TPAS Babakan itu sebagai bentuk kreativitas dan meningkatkan kinerja Dinas LHK Kabupaten Bandung dalam menuju bersih sampah 2020. 

"Ini tugas berat, Pak Dandim Bandung akan fokus membantu kegiatan di bidang lingkungan hidup," kata Dadang didampingi Dandim 0609/Kab. Bandung, Letkol Arh A. Andre Wirakurniawan di TPAS Babakan.

Ia mengatakan, hal itu sebagai bentuk kebersamaan dalam pemeliharaan lingkungan. 
"Sampah bisa menjadi uang. Warga tak buang sampah sembarangan," katanya. 

Dadang pun mengatakan, selain memanfaatkan gas metan, sampah yang menggunung tersebut bisa dibuat briket atau sejenis batu bara. 

"Panas yang berasal dari briket itu bisa menjadi energi listrik, seperti di negara maju Cina dan Korea," katanya.

Editor: Brilliant Awal