Bebas Sampah ID

Kapasitas Sampah TPA Sarimukti Dekati Ambang Maksimal

Media: http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/04/17/kapasitas-sampah-tpa-sarimukti-dekati-ambang-maksimal-399236 | 19 Juli 2017


BANDUNG, (PR).- Kapasitas sampah di TPA Sarimukti saat ini sudah mendekati ambang batas maksimal. Kondisi tersebut yang menjadi alasan Pemerintah Provinsi Jabar berencana memperluas areal TPA.

Hal itu diungkapkan Koordinator Badan Pengelola Sampah Regional Jabar untuk TPA Sarimukti, Iwan Syarifudin. Dia menjelaskan sistem pengelolaan sampah di TPA Sarimukti yaitu controlled landfill, di mana sampah yang dibuang akan ditimbun dengan tanah dalam waktu sepekan.

Selanjutnya, tanah tersebut akan kembali digunakan untuk pembuangan sampah.

Saat ini, ada empat zona pembuangan sampah di TPA Sarimukti seluas 25 hektare. Setiap hari, sekitar 1.700 sampah di buang ke sana dari wilayah Bandung raya, meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

“Zona 1,2, dan 3 harus segera ditutup karena khawatir akan menimbulkan biogas yang sangat tinggi kalau digunakan terus. Untuk zona empat pun paling cukup menampung untuk setahun lagi," katanya.***